December 5, 2015

Tumpak Sewu dan Goa Tetes, Pronojiwo Lumajang

Tumpak Sewu atau Cuban Sewu berada di Perbatasan Lumajang-Malang, tepatnya di Kecamatan Pronojiwo. Lokasi air terjun tersebut berada pada satu kawasan dengan Goa Tetes.

Cukup berjalan 400 meter dari jalan raya aliran air terjun setinggi 180 meter tersebut sudah bisa dinikmati. Namun, untuk menikmati dari dekat butuh perjuangan yang ekstra. Pengunjung harus menuruni anak tangga (dan keluarganya) yang sangat curam, sangat curam, yang terbuat dari pijakan bambu. Tanah liat yang basah menjadikan jalur semakin licin dan siap-siap mengeluh. Sangat disarankan menggunakan sandal outdoor (gunung) atau sepatu yang antislip.  

Perjalanan turun-naik Tumpak Sewu paling lama memakan waktu 1,5 sampai 2 jam. Kalau lebih dari angka tersebut, juga tidak menjadi masalah. Kasian pengunjung lain, kan jalur cuma satu. Oiya, persiapkan juga baju ganti yang bersih dan peralatan mandi. Bisa dipastikan ketika menuruni Tumpak Sewu semua pengunjung dipastikan basah.

















Badan sudah terasa lelah namun perjalanan harus dilanjutkan. Menjelang sore hingga malam lalu lintas arah Malang–Dampit didominasi truk muatan pasir. Jalanan yang berkelok naik turun membuat semua kendaraan susah bermanuver dan harus berbaris rapi. Hal tersebut yang bisa dijadikan pertimbangan ketika memilih jalur Malang ketika petang.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya