March 2, 2015

Sekelumit Tugas Akhir

Semester akhir merupakan sebuah tantangan bagi mahasiswa untuk menguji kemampuan berpikir, cara pandang, kecerdasan emosi, manajemen waktu dan masih banyak lagi.

Tahap pembuatan awetan


Pada kali ini saya ingin berbagi mengenai hasil penelitian saya yang saya pergunakan skripsi/tugas akhir. Alhamdulillah saya dapat menyelesaikannya dalam waktu 2 semester ditahun 2014. Satu semester di awal tahun 2014 saya pergunakan untuk mengikuti kegiatan Ekspedisi NKRI 2014. Disitu saya tergabung dalam tim flora dan fauna, dan alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk melakukan sampling anggrek di Kawasan Cagar Alam Gunung Sibela, Halmahera Selatan. Satu semester berikutnya saya kembali ke kampus untuk mengerjakan penelitian lanjutan yang berhubungan dengan karakterisasi sampel anggrek yang saya temukan, meliputi karakterisasi morfologis dan karakterisasi anatomi.

Baru saya ketahui bahwa ternyata beban penelitian tugas akhir saya cukup lumayan berat, hal itu saya ketahui ketika dosen penguji menyampaikannya kepada saya.

Sungguh kepuasan tak terkira, bahwa usaha keras penelitian terbayarkan dengan hasil yang juga memuaskan dan apalagi saya sangat menjiwai penelitian tersebut.





































Terima kasih, sedikit berbagi apa yang saya telah lakukan, semoga bermanfaat mohon digunakan secara bijak.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya