October 4, 2014

Perjalanan Ke Timur | Ekspedisi NKRI 2014

Bumi Indonesia bagian timur memang sangat dekat dan indah. Pada kali ini aku akan berbagi cerita di tengah perjalanan ekspedisi NKRI koridor Maluku dan Maluku Utara yang ku lalui selama 5 bulan. Perjanalan ini ku lalui di tengah masa studi ku menempuh gelar S-1.

Pada awalnya aku sempat bimbang untuk memilih mengikuti kegiatan ini, dan akhirnya aku bisa mantap untuk memilihnya dengan harapan dapat membantu aku menyelesaikan pengerjaan skripsi. Ya, waktu itu aku memang mahasiswa semester akhir, semester 6.

Pada waktu itu ada teman saya yang juga tertarik ikut, Saka namanya. Dari situ aku juga bertanya kenapa dia tertarik ikut. Menambah pengalaman sambi mengerjakan kewajiban mahasiswa semester akhir katanya. Oke, terang saja aku dari situ semakin mantap, karena juga ada teman yang satu pandangan. Tak hanya itu, aku sempat berkonsultasi dengan dosen pembimbing skripsi ku, mengenai rencana penelitianku seandainya mengikuti kegiatan ekspedisi ini.

Penelitian ku tentu saja tidak jauh-jauh dengan anggrek. Aku memang banyak mengetahui seluk beluk tentang anggrek semenjak dari awal kuliah dulu bergabung dengan organisasi Biology Orchid Study Club. Sebuah organisasi yang mengajarkan kebersamaan di tengah menggali potensi anggrek-anggrek yang ada di Indonesia. Sungguh pengalaman dan banyak terima kasih yang ku berikan kepada organisasi ini, karena aku merasa juga dibesarkan dari organisasi ini. Mulai tema Kerja Praktek, Penelitian Seminar hingga Penelitian Skripsi yang ku jalanin saat ini, semuanya berhubungan dengan anggrek.
BiOSC Sebagai Organiasi yang turut mendidik dan membesarkan
Keluarga Besar Ekspedisi NKRI 2014, Subkorwil Labuha, Halmahera Selatan
Keluarga Besar Ekspedisi NKRI 2014
Keluarga Besar Ekspedisi NKRI 2014

Awal tahun 2014, kegiatan ekspedisi di mulai, dan pada akhir bulan Desember 2013 kemarin aku mantap mendaftarnya.

Kegiatan ekspedisi terbagi menjadi tiga tahap yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian.

Pada tahap persiapan peserta yang akan mengikuti ekspedisi melalui beberapa tes, diantaranya tes psikotest, tes wawancara dan tes kebugaran jasmani.

Pembelajaran dalam ruangan, oleh Tim Ahli

Pembelajaran di Alam, Teknik Vertical Climbing

Pembelajaran di Alam, Identifikasi Flora dan Fauna, Tim Peneliti Flora dan Fauna

Pembelajaran Persiapan Pendaratan Helikopter

Pembelajaran Teknik Survival
Pemberangkatan Peserta Ekspedisi
Penyambutan Tim Ekspedisi Subkorwil Labuha, Oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan

continue (process)

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya