December 17, 2009

Teks PIdato "Meningkatkan Kemampuan Menulis"


Assalamu'alaikum wr.wb.

Yang terhormat  bapak kepala SMA Negeri 2 Bantul.

Yang terhormat bapak dan ibu guru SMA Negeri 2 Bantul.

Yang saya cintai siswa-siswi SMA Negeri 2 Bantul.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat serta hidayahnya sehingga kita semua dapat berkumpul pada acara ini dalam keadaan sehat  wal afiat.

Rekan-rekan dan para hadirin yang saya cintai,

Menulis merupakan salah satu keahlian dalam diri kita. Ada berbagai macam bentuk tulisan yang sebenarnya sudah pernah kita tulis mulai dari artikel, puisi, pantun, novel, hingga karya tulis. Tulisan-tulisan yang kita tulis tersebut tentunya juga berkaitan dengan keahlian kita dalam tata bahasa, dan wawasan yang kita miliki. Secara garis besar orang yang mempunyai wawasan yang luas dan memiliki keahlian penggunaan tata bahasa akan mampu menghasilkan kualitas tulisan yang lebih bagus.

Memang kemampuan menulis satu orang dengan orang yang lain berbeda, namun kita semua harus berkeyakinan bahwa di dalam diri kita terdapat kemampuan  yang  belum kita gali, dan kita harus menggali kemampuan tersebut.

Rekan-rekan dan para hadirin yang saya cintai,

Tulisan yang bagus  tidak sulit untuk kita wujudkan. Ada beberapa hal yang dapat lakukan untuk meningkatkan kemampuan menuli, diantaranya:

·      Pertama, kita harus percaya pada kemampuan diri kita sendiri. Kita harus berupaya mewujudkan tulisan yang murni dari hasil pemikiran kita. Dengan sikap yang demikian itu maka akan timbul sikap menghargai tulisan yang telah kita buat dari hasil jerih payah kita. Kita akan sadar betapa kayanya kemampuan yang dimiliki kita sendiri.

·      Kedua, jangan pernah berhenti untuk menulis, seorang sopir akan pandai mengemudi jika ia terus mengemudi. Dengan demikian semakin banyak kita menulis maka kita akan semakin pandai dalam membuat  pola tulisan yang kita tulis. Kita juga semakin paham dengan kesalahan-kesalahan kita dalam menulis, sehingga kita akan terus dapat memperbaiki.

·      Ketiga, teruslah membaca. Dengan membaca terutama membaca informasi-informasi yang aktual  maka tulisan kita tidak akan ketinggalan zaman. Perlu diingat tulisan yang baik adalah tulisan yang aktual. Orang akan menilai tulisan kita bagus, apabila sesuai dengan perkembangan waktu. Kemudian dengan kita membaca kita juga akan dapat menambah kosa kata yang kita miliki sehingga akan menambah penggunaan tata bahasa kita. Tidak hanya itu, apabila kita juga membaca tulisan orang lain maka kita akan dapat membandingkan kualitas tulisan kita dapat kita dapat meningkatkannya.

·      Keempat, milikilah buku-buku tentang menulis dan buku idaman kita. Bagaimanapun buku adalah jendela ilmu utama. Milikilah buku tentang langkah-langkah penulisan, dengan memiliki buku tersebut maka kita akan mendapatkan jurus baru dalam menulis. Atau paling tidak buku tersebut akan dapat memotivasi kita untuk selalu menulis.

·      Kelima, bergaullah pada lingkungan penulis, ini akan menjadi hukum alam bahwa jika dekat dengan harimau maka akan pintar mengaum dan mencakar. Dengan demikian lingkungan sangatlah berpengaruh bagi kita. Apabila kita mau memanfaatkan lingkungan kita dapat belajar ilmu-ilmu menulis yang dimiliki oleh orang lain sehingga kemampuan kita bertambah.

Rekan-rekan dan para hadirin yang saya cintai,

Saya rasa kelima langkah tersebut , ditambah dengan praktik secara terus menerus akan dapat meningkatkan kemampuan menulis kita semua.

Demikian yang dapat saya sampaikan semoga dapat menambah keahlian kita dalam menulis. Mohon maaf jika ada kesalahan atau kata-kata yang kurang berkenan.

Assalamu'alaikum wr.wb.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya